Lewat Bank Sampah, Warga Sungai Citarum Bisa Tambah Penghasilan

Pada 06 Des 2018 Jam 04:03 · Dibaca 84


Sungai Citarum sampai saat ini masih memiliki masalah kebersihan yang tak kunjung henti, baik dari limbah industri maupun limbah domestik. Pemerintah dan aparat setempat terus melakukan edukasi bagi warga yang tinggal di sekitar sungai untuk terus menjaga kebersihan dan kelestarian dari Sungai Citarum yang dulunya sempat menjadi sumber kehidupan bagi penduduk sekitarnya. Pada akhir 2017, tercatat sebanyak 20.462 ton sampah organik dan anorganik dibuang ke Sungai Citarum. 

Melihat kondisi tersebut, PT Hartadinata Abadi Tbk akan membuat bank sampah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengkonversi sampah rumah tangga menjadi bahan yang menghasilkan secara efisien dan ekonomis. Seluruh kegiatan operasional Bank Sampah ini akan dikelola oleh anggota Sektor 7 Satgas Citarum.

Produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi di Indonesia ini, ingin mewujudkan komitmennya untuk turut serta dalam upaya menjaga kualitas lingkungan hidup, menjaga ekosistem alam, dan mengurangi dampak kerusakan lingkungan. 

"Kali ini, Hartadinata Abadi bekerja sama dengan Satgas Sektor 7 Citarum Harum untuk menanggulangi sampah domestik di 4 titik di Citarum," kata Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk kepada wartawan di Kabupaten Bandung, Minggu (25/11/2018).

Sandra menjelaskan salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu  dengan membangun Bank Sampah di Sektor 7 Taman Citarum Harum Sangkanhurip. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara pengolahan sampah rumah tangga secara utuh dan lengkap. 

Dia berharap Bank Sampah ini bisa merubah pola pikir masyarakat yang sebelumnya membuang sampah tanpa memilah, menjadi memilah sampah terlebih dahulu karena memiliki nilai ekonomis.

“Sebagai perusahaan yang besar dan berkembang di Jawa Barat, Hartadinata Abadi merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian Sungai Citarum. Adanya Bank Sampah ini bisa mendukasi dan memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat," jelasnya.

Adapun, Komandan Sektor 7 Satgas Citarum Kolonel Kav. Purwadi mengatakan, sebelumnya kondisi Taman Citarum Harum di Desa Sangkanhurip ini sangat penuh dengan sampah karena banyak warga yang membuang sampah ke sungai. Namun, dengan adanya taman bermain seperti ini, warga bisa merasakan sendiri manfaat ketika memiliki lingkungan yang bersih. 

"Kami sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Hartadinata Abadi. Masyarakat yang tinggal di sekitar Taman Citarum Harum ini akan sangat terbantu dengan adanya Bank Sampah karena mereka sekarang menjadi tahu apa manfaat langsung bagi mereka ketika mereka bisa memilah sampah dengan baik," katanya.

Adanya Bank Sampah tersebut, lanjut Purwadi, bisa mengurangi volume sampah limbah rumah tangga. Selain itu,masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai dan mengerti cara mengolah dan memanfaatkan sampah demi kesejahteraan mereka.

“Kami harap dengan adanya Bank Sampah ini, sampah rumah tangga bisa semakin berkurang dan mampu menambah penghasilan masyarakat," pungkasnya.