panel surya

Panel surya atau dikenal juga dengan solar panel merupakan sistem pembangkit tenaga listrik yang mengubah cahaya matahari menjadi daya listrik menggunakan prinsip efek fotovoltaik (PV). Semakin meningkatnya kesadaran akan kelestarian bumi dan juga emisi karbon, semakin banyak orang yang mulai untuk pasang panel surya rumah. Apakah Anda juga tertarik?

Pemasangan Panel Surya

Panel surya menjadi langkah efektif pemanfaatan cahaya matahari menjadi sumber energi listrik di rumah. Tidak hanya berperan dalam kelestarian bumi dan mengurangi emisi karbon, tetapi juga membuat tagihan listrik Anda jadi lebih terjangkau. Namun sebelum Anda memasangnya, sebaiknya ketahui dulu beberapa hal berikut ini, sehingga Anda benar-benar yakin untuk memasang panel surya di rumah.

  1. Biaya pemasangan

Sebelum memutuskan untuk memasang panel surya di rumah, Anda perlu tahu dulu bahwa biaya pemasangannya tidak murah. Bahkan biaya yang dibutuhkan untuk instalasi panel surya ini bisa mencapai Rp. 40 juta untuk satu rumah berkapasitas 2 kilo Watt peak (kWp). Dengan kapasitas tersebut Anda bisa menggunakan alat elektronik dari pagi hingga sore hari.

Untuk pemakaian listrik di malam hari, Anda bisa menggunakan listrik dari PLN. Jadi meskipun sudah memasang panel surya, Anda masih perlu memasang listrik PLN untuk berjaga-jaga, apalagi kalau sudah masuk ke musim penghujan saat cahaya matahari sulit untuk didapatkan.

  1. Ketentuan perizinan

Pemasangan panel surya dengan kapasitas kurang dari 500 kVA tidak perlu melakukan perizinan. Tetapi jika kapasitas panel surya lebih dari 500 kVA, Anda perlu mengurus perizinan ke Manager Unit Induk Wilayah/Distribusi PT PLN di wilayah Anda.

  1. Tipe panel surya

Sebelum pasang panel surya rumah, ketahui dulu tipenya. Panel surya memiliki tiga tipe dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, ketiga tipe tersebut adalah monocrystalline, polycrystalline, dan film tipis (thin-film). Pilih tipe panel surya yang paling sesuai dengan rumah Anda.

  1. Pastikan atap rumah kuat

Sebelum pemasangan, pastikan dulu apakah atap rumah cukup kuat jika dipasang panel surya atau tidak, apakah dalam 5 tahun ke depan perlu dilakukan renovasi atap atau tidak. Jika atap tidak cukup kuat, maka Anda perlu merenovasi atap rumah terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda pasang panel surya rumah. Semoga bermanfaat.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *