Ilustrasi pemasangan gigi palsu bogor

Siapa yang baru tahu kalau ternyata gigi palsu terdiri dari dua jenis? Gigi palsu dibagi menjadi gigi palsu lengkap dan parsial. Masing-masing memiliki kekurangan, kelebihan, dan fungsi yang tak sama. Untuk Anda yang akan melakukan pemasangan gigi palsu bogor dalam waktu dekat, jangan lewatkan ulasan berikut. Mari simak sampai tuntas!

Gigi Palsu Lengkap (Keseluruhan)

Jenis gigi palsu yang pertama adalah gigi palsu lengkap, yakni gigi palsu yang digunakan jika semua gigi Anda sudah tidak dapat berfungsi alias hilang. Gigi palsu jenis pertama ini dapat dibuat dengan waktu “segera” dan bisa dipasang setelah gigi dicabut.

Walau lebih cepat jadi, gigi palsu lengkap ini membutuhkan waktu penyesuaian yang cukup lama di dalam perut. Tak hanya itu, biasanya gigi palsu ini juga dapat dijadikan sebagai solusi sementara untuk mengatasi masalah kesehatan pada gigi.

Walau demikian, terdapat pula gigi palsu lengkap yang pemasangannya memerlukan waktu tunggu 2 sampai dengan 3 bulan usai gigi asli dicabut. Bukan hanya itu, jangka waktu tersebut juga digunakan untuk menunggu jaringan gusi pulih dan tidak merasakan sakit sama sekali.

Untuk jenis gigi palsu lengkap ini dinamakan sebagai gigi palsu lengkap konvensional yang bisa sekaligus dipasang untuk menggantikan gigi palsu sementara atau lepas pasang. Jika ingin menggunakannya Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter.

Gigi Palsu Satuan (Parsial)

Jenis gigi palsu bogor selanjutnya adalah gigi palsu satuan atau parsial. Jenis gigi palsu yang satu ini biasa digunakan jika ada masalah kehilangan salah satu gigi atau lebih. Berbeda dengan jenis yang pertama, gigi palsu ini bisa dilepas pasang dengan sangat mudah dan efisien.

Biasanya gigi palsu parsial terdiri dari gigi palsu yang melekat di dasar plastik yang warnanya menyerupai gusi (pink). Selanjutnya gigi palsu tersebut dipasangkan dengan kerangka logam. Fungsinya adalah untuk mengaitkan gigi supaya lebih kuat dan tidak mudah lepas.

Perawatan Gigi Palsu

Tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh, walau menggunakan gigi palsu Anda juga harus melakukan perawatan secara baik. Hal ini agar tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan mulut. Adapun efek negatif yang dimaksud antara lain adalah sariawan, bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gusi. Berikut cara merawat gigi palsu yang baik dan benar!

  1. Merendam Gigi Palsu

Pada saat Anda sedang tidak menggunakan gigi palsu, upayakan untuk merendamnya menggunakan cairan khusus atau air hangat. Jangan sekali-kali Anda merendam gigi palsu menggunakan air panas sebab, itu dapat mengubah bentuknya.

  1. Cuci Gigi Palsu

Jika sudah direndam semalam, cucu gigi palsu sebelum akhirnya digunakan kembali. Anda dapat membersihkannya dengan cara menggosok menggunakan sikat dan menggunakan sedikit pasta gigi. Namun, ketika mencuci gigi palsu Anda tidak disarankan menggunakan detergen atau pengharum pakaian.

Selain itu, agar gigi palsu dapat terawat sempurna perhatikan pula cara pegangnya.  Perhatikan bahan pembuatan gigi palsu agar tidak salah dalam hal perawatan. Demikian informasi yang dapat disampaikan terkait gigi palsu bogor.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *