plat bordes

Pasti Anda pernah menemui alas atau lantai dari kendaraan menggunakan plat besi yang memiliki gelombang khas, ini disebut besi plat bordes. Di mana alas tersebut mencegah terjadinya jatuh dengan permukaannya yang tidak licin. Umumnya besi ini berukuran 120 x 240 cm dengan ketebalan yang beragam, dimulai dari 2,3 sampai 8 milimeter. Sedangkan untuk penggunaan di kehidupan sehari-hari plat bordes mempunyai ketebalan 2,3 hingga 3,0 milimeter. 

Besi plat bordes tidak sulit didapatkan karena tersedia di toko bangunan, hal itu karena material yang satu ini juga banyak dicari dan dibutuhkan. Namun, untuk harga beragam tergantung ketebalan yang dibutuhkan. Plat bordes sendiri disusun dari besi baja, jenis baja yang digunakan memiliki daya tahan tinggi pada karat. Selain itu, beberapa darinya ditambah aluminium dan baja hitam guna mencegah terjadinya karat. 

  • Kegunaan Plat Bordes

Dalam proses pembuatannya, besi ini diolah secara modern dengan memanfaatkan teknologi hot rolling. Di mana plat bordes berupa lembaran yang mempunyai ukuran dan ketebalan berbeda. Plat bordes ini juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal hingga disebut multifungsi. Umumnya memang digunakan untuk kendaraan, lantai besi maupun tangga. Akan tetapi, plat bordes juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti stainless steel yang sering digunakan sebagai kolom gedung pelapis baja, melapisi meja makan, dan lainnya. 

Mungkin untuk beberapa orang yang tidak menyadari adanya besi ini di sekitar perlu tahu bentuk aslinya. Plat bordes stainless steel memiliki warna silver doff dan finishing 2B. Seiring perkembangannya, plat bordes mempunyai wujud yang unik. Kini ada yang berwujud mirip cermin, di mana plat bordes tersebut bisa memantulkan bayangan atau kaca yang transparan. Untuk motifnya pun beragam, mulai dari garis halus memanjang,, kaca bening berkabut, dan hairline.

  • Kelebihan Plat Bordes

Ada beberapa kelebihan dari plat bordes ini sehingga membuatnya banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari permukaannya yang kasar, tahan pada cuaca, dan keausan rendah. Maka dari itu, banyak konstruksi bangunan yang memanfaatkan plat bordes. Uniknya, plat bordes memiliki permukaan kasar serta pola timbul dengan bentuk jajar genjang di permukaannya. Permukaannya sendiri terbuat dari galvanis atau baja yang tahan dengan karat. Tak heran apabila banyak orang yang menyebutnya berlian.

Saat menaiki kendaraan seperti truk, kereta api, atau bus Anda bisa menengok ke bawah di mana ada plat besi dengan motif  timbul yang khas. Itulah besi plat bordes yang dibuat tidak licin agar saat menaiki kendaraan tersebut tidak tergelincir. Selain itu, karena kualitas besi ini yang bagus banyak inovasi baru dalam penggunaannya seperti cermin yang jarang diketahui orang. Tentunya ini menarik dan memantik rasa penasaran, eits, tetapi bisa dilihat di toko bangunan, ya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *