Ilustrasi pasang behel dokter gigi

Behel atau kawat gigi sangat bermanfaat bagi mereka yang bermasalah dengan susunan gigi. Pemasangan behel akan membuat susunan gigi terlihat rapi. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mencari tahu tempat pasang behel dokter gigi baik di klinik dokter gigi maupun di rumah sakit. 

Pengertian Pasang Behel atau Kawat Gigi

Behel gigi adalah sebuah alat berupa kawat yang digunakan oleh ortodontis untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi, rahang tidak normal hingga memperbaiki gigi yang bertumpuk.

Tujuan utama pemasangan behel gigi adalah untuk meratakan gigi dan rahang agar dapat menggigit makanan dengan lebih baik, serta membuat penampilan menjadi lebih baik dengan begitu senyum anda akan terbit lebih indah. 

Pasang behel dokter gigi terdekat bisa menjadi pilihan yang tepat ketika gigi tumbuh pada posisi yang tidak normal, misalnya bertumpuk dengan gigi lainnya atau jarak antar gigi yang terlalu renggang.

Selain itu, pasang behel dokter gigi juga dianjurkan saat rahang atau gigi bagian atas terlalu maju daripada gigi atau rahang bagian bawah (tonggos). Begitupun sebaliknya, yakni saat rahang bawah atau gigi bawah berada di posisi lebih maju daripada rahang atau gigi bagian atas (cameh).

Apa Alasan Seseorang Memasang Behel Gigi?

Sebenarnya, ada macam-macam alasan kenapa seseorang memilih memasang behel gigi. Tetapi, alasan utamanya adalah untuk membantu memperbaiki susunan gigi yang tidak rata. Adapun alasan lainnya:

  1. Merapatkan gigi yang renggang dan menekan gigi yang maju atau tonggos.
  2. Meratakan gigi, karena gigi yang rata tentu akan lebih mudah dibersihkan sehingga kebersihan dan kesehatan mulut dapat terjaga secara keseluruhan.
  3. Mengatasi pergeseran gigi, perlu anda ketahui bahwa gigi biasanya bergeser atau bergerak sesuai pola perkembangannya. Dengan memakai behel gigi diharapkan dapat membantu pola pertumbuhan gigi supaya tetap rapi.

Pemasangan behel atau kawat gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis ortodonti untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, tetaplah berhati-hati saat mencari tempat pasang behel dokter gigi.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *