Solar Panel

Sebelum Anda mulai beralih memakai solar panel, maka Anda bisa memperhatikan beberapa hal dibawah ini saat instalasi solar panel tersebut. Isu perubahan iklim dan kenaikan tarif listrik adalah alasan utama untuk beralih ke solar panel ini. Inilah beberapa pertimbangan sebelum beralih ke instalasi solar panel. 

  1. Daya Listrik

Hal pertama yang diperhatikan adalah daya listrik. Pastikan daya solar panel ini sesuai dengan daya listrik rumah ataupun bangunan. Pemakaian panel solar ini boleh menyerap 100% dari total daya listrik rumah bangunan. Misal listrik rumah Anda biasanya 4.400 watt, maka panel surya yang disarankan adalah 1kWP hingga 4kWp untuk dipasang di atap rumah Anda. 

  1. Bahan Solar Panel

Pertimbangan lain saat instalasi solar panel adalah memperhatikan bahan panel surya. Bahan panel surya ini biasanya monocrystalline. Bahan ini digunakan untuk bangunan perumahan ataupun komersial. Bahan tersebut sering dipakai karena harganya terjangkau dan efisiensinya juga baik. Anda harus teliti saat memilih jasa pemasangan panel surya karena harus memeriksa kualitasnya juga. 

  1. Luasan Atap

Struktur atap berpengaruh terhadap kemampuan atap dalam menopang panel solar ini. Bila atap rumah masih memakai kayu, Anda harus menggantinya dengan memakai bahan yang lebih kokoh seperti baja ringan. Luasan atap rumah juga berpengaruh terhadap jumlah kapasitas energi listrik yang didapatkan saat proses pemasangan. Misalnya untuk daya listrik rumah sebesar 4kWp ini membutuhkan luas 27 m2. 

  1. Bayangan

Anda juga harus memperhatikan posisi panel solar saat akan memasangnya di bagian atap rumah. Lokasi terbaik untuk menyerap energi matahari yang maksimal adalah berada langsung dibawah cahaya matahari. Tentu saja tak ada objek apapun yang menghalangi bayangan ke panel solar tersebut. Objek penghalang tersebut biasanya meliputi pohon, baliho, gedung, tanaman, dan lain-lain. Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan untuk menentukan lokasi pemasangan panel solar yang tepat di atap rumah. Hal ini berdampak baik untuk menghindari bayangan yang mengenai panel surya tersebut. 

  1. Beban Listrik

Intensitas penyerapan matahari juga harus diperhatikan. Pastikan rumah Anda memiliki penyinaran matahari yang maksimal agar panel solar bekerja dengan baik. Panel surya bisa menyerap listrik sejak matahari muncul sampai terbenam. Penyerapan optimal biasanya dari jam 10 pagi sampai 2 siang sekitar 4.5 jam proses penyerapan sinar matahari. Tentu saja ini berdampak terhadap tegangan listrik yang kurang stabil. Maka Anda harus paham menyiasatinya bila tertarik untuk instalasi solar panel dengan mengubah arah naik turun inverternya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan daya maksimal dari sinar matahari saat kondisi penyerapan solar panel ini kurang stabil akibat kurangnya sinar matahari yang terserap di panel tersebut.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *