Solar Panel

Dalam rangka untuk menghemat penggunaan energi listrik, banyak orang memanfaatkan panel surya dengan harga panel surya 1000 wp yang terjangkau.

Sehingga, tidak heran banyak masyarakat yang menggunakan panel surya tersebut. Informasi selengkapnya tentang panel surya akan dibahas pada artikel berikut ini.

Berapa Harga Panel Surya 1000 Wp?

Panel surya yang memiliki ukuran 100 wp terdiri atas 2 jenis yaitu panel surya dengan paket on grid dan panel surya dengan paket off grid. Tentunya kedua paket panel surya tersebut memiliki harga yang berbeda.

Panel surya dengan paket on grid harganya jauh lebih murah daripada panel surya dengan paket off grid. Hal ini karena komponen yang dimiliki oleh panel surya dengan paket on grid tidak selengkap komponen pada panel surya dengan paket off grid.

Harga panel surya dengan paket on grid tersebut adalah Rp8.500.000 dan harga panel surya dengan paket off grid yaitu Rp20.815.000.

Panel surya dengan paket on grid terdiri atas komponen mounting dan tiang 2 buah, 3 buah proteksi kelistrikan, 1 buah inverter 1200 W, 2 buah kabel dan stop kontak, serta 6 buah panel surya poly 200 wp.

Sedangkan, komponen pada panel surya dengan paket off grid yaitu 1 buah SCC MPPT, 3 buah proteksi kelistrikan, Aki VRLA 6 buah, kabel dan stop kontak 2 buah, inverter 1200 W 1 buah, mounting dan tiang 2 buah, serta panel surya poly 200 wp 6 buah.

Jenis-Jenis Ukuran Pada Panel Surya

Selain informasi mengenai harga panel surya 1000 wp, terdapat pula informasi berupa jenis-jenis ukuran pada panel surya. Setiap panel surya mempunyai satuan yaitu Wp atau watt peak.

Panel surya 10 Wp akan menghasilkan daya sejumlah 10 watt, panel surya 240 Wp mampu menghasilkan daya sebesar 240 watt, dan panel surya 20 Wp dapat menghasilkan 20 watt sebagai daya puncaknya.

Daya puncak yang dihasilkan dari panel surya dengan ukuran 100 Wp adalah 100 watt dan panel surya yang berukuran 50 Wp akan menghasilkan daya yaitu 50 watt.

Lalu, ukuran panel surya sebesar 80 Wp menghasilkan daya sebesar 80 watt dan daya 120 watt akan dihasilkan oleh panel surya berukuran 120 Wp.

Pengelompokan Panel Surya Berdasarkan Tipenya

Secara umum, terdapat 4 jenis pengelompokan panel surya ini. Mulai dari compound thin film triple junction photovoltaic, monocrystalline silicon, thin film solar cell, dan polycrystalline silicon.

Compound thin film triple junction photovoltaic ini mempunyai 3 lapisan pendukung dan hanya digunakan untuk kebutuhan perangkat luar angkasa. Panel surya ini memiliki bobot yang rapuh dan lebih berat dari solar cell lainnya.

Monocrystalline silicon ini lebih efisien untuk digunakan dan paling banyak dipakai daripada panel surya yang lainnya. Selain itu, monocrystalline silicon ini lebih terjangkau harga panel surya 1000 wp dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Thin film solar cell mempunyai 2 lapisan dengan ukuran yang super tipis. Dengan demikian, lebih fleksibel untuk digunakan karena bobotnya sangat ringan.

Polycrystalline silicon ini lebih rapat dan rapi susunan panel suryanya. Penampilan panel surya jenis ini lebih unik karena seperti terdapat retakan-retakan pada sel surya tersebut.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *