buku cerita novel

Terutama untuk Anda yang saat ini sedang kuliah, atau sudah membuat buku, dan ingin mencetaknya, menggunakan mesin print namun tidak ingin boros kertas. Maka jasa print buku bolak balik, akan menjadi pilihan yang bijak.

  1. Siapkan mesin printer yang tepat

Ingin print buku, sudah pasti hal pertama yang sebaiknya dipersiapkan, yaitu mesin printer itu sendiri. Dalam hal ini, ada beberapa jenis mesin printer yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakan mesin printer umum rumahan. Namun tentu saja teknik cetak nya sedikit rumit.  

Atau jika ingin cetak dokumen secara bolak balik, dan praktis, sebaiknya cari mesin printer yang sudah mendukung pencetakan duplex. Dimana jenis mesin seperti ini, biasanya sudah menyediakan fitur pengaturan otomatis, yang akan mencetak dokumen duplex, tanpa harus mengaturnya secara manual.  

  1. Siapkan kertas yang dibutuhkan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah masalah kertas. Untuk hal ini, Anda perlu menyesuaikan dengan jenis buku yang akan dibuat. Misalnya saja buku umumnya, maka jenis kertas yang digunakan adalah A5 atau bisa juga menggunakan kertas A4.

Sedangkan jika Anda ingin membuat buku novel ukuran kecil, maka kertas yang sebaiknya digunakan berukuran Duodecimo.  

  1. Teknik print bolak balik  

Jika Anda menggunakan mesin print yang mendukung percetakan duplex, maka Anda hanya perlu melakukan setting tertentu, dan mesin printing akan melakukan printing secara bolak balik dan otomatis.

Sedangkan ketika Anda akan menggunakan mesin printer rumahan, maka Anda akan melakukan print secara manual, 1 per satu dan dilakukan secara bolak balik. Misalnya saja untuk halaman 1, maka Anda melakukan setting print untuk halaman 1. Setelah selesai, berikutnya balik halaman 1 tersebut, kemudian setting print, untuk halaman berikutnya, yaitu halaman 2.

Walaupun terkesan ribet, namun dengan teknik ini, Anda tetap memperoleh hasil cetak atau hasil dari jasa print buku secara bolak balik.

Dengan adanya tips di atas, Anda yang seharusnya menghabiskan kertas sekitar 100 lebar, kini dapat menghematnya menjadi 50 lembar. Tapi jika beberapa saran di atas, Anda nilai cukup ribet, tidak ada salahnya jika menyerahkan masalah print buku, tersebut pada ahlinya, yaitu jasa print. Dimana jasa seperti ini umumnya banyak ditemukan di dekat kawasan kampus atau sekolah.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *