Seperti namanya, buku tahunan merupakan buku yang diterbitkan setiap tahun. Umumnya, buku tahunan ini akan berisi data dari perkembangan suatu kejadian atau informasi – informasi lain yang penting yang lainnya.

Tidak sesempit seperti yang kita ketahui saat ini bahwa buku tahunan hanya sebatas buku yang ditujukan untuk para murid yang telah lulus sekolah. Buku tahunan juga dapat memuat perkembangan – perkembangan khusus dari suatu institusi atau perusahaan.

Untuk cetak buku tahunan murah, ada beberapa jenis kertas yang bisa dipilih untuk digunakan dalam pembuatan buku tahunan antara lain :

Jenis – Jenis Kertas Untuk Cetak Buku Tahunan

  • Art Paper

Jenis kertas ini tebal dan juga memiliki permukaan kertas yang mengkilap. Kertas ini akan memiliki tampilan yang awet dan juga kuat untuk mencetak buku tahunan dengan banyak konten bergambar.

  • Art Carton

Karakteristik kertas jenis Art Carton ini sama seperti jenis kertas Art Paper, namun memiliki ketebalan yang berbeda.

Art Carton memiliki ketebalan yang lebih baik dari Art Paper dan bertekstur licin, mengkilap dan juga halus. Tentu akan menjadikan buku tahunan lebih awet. Jenis kertas ini Art Carton maupun Art Paper ini cocok bagi buku tahunan sekolah.

  • Fancy Paper

Kertas jenis ini biasanya digunakan untuk kertas undangan pernikahan, buku tamu, buku menu hingga untuk cover buku. Bagi kamu yang ingin cetak buku tahunan, jenis kertas ini dapat dijadikan bahan pertimbangan selanjutnya.

  • Bookpaper

Bookpaper biasa digunakan sebagai kertas untuk mencetak novel. Warnanya yang kuning kecokelatan dengan tekstur yang halus namun sedikit kasar.

Tergolong jenis kertas yang ringan dan tipis, jenis bookpaper ini agar kurang cocok untuk mencetak konten bergambar.

Fungsi Buku Tahunan

Buku tahunan yang kita ketahui hanya sebatas buku tahunan sekolah. Namun ternyata, buku tahunan pun juga bisa ditemukan di berbagai lembaga dan institusi. Adapun fungsi buku tahunan selain disekolah antara lain berikut :

  • Data Perkembangan di Perusahaan

Di suatu perusahaan besar misalnya, buku tahunan ini berfungsi sebagai catatan tentang perkembangan maupun peristiwa – peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun.

Buku tahunan ini dapat memuat informasi data statistik baik penjualan maupun pengeluaran barang, hingga produksi yang terjadi selama satu tahun. Buku tahunan ini juga dapat dijadikan acuan untuk tahun ke depannya sebagai bahan pertimbangan perencanaan.

  • Update Informasi Termutakhir

Buku tahunan juga berfungsi sebagai sumber informasi mutakhir. Karena sifatnya yang diterbitkan selama satu tahun sekali, maka informasi yang ada di buku tahunan cenderung  informasi – informasi tambahan yang baru dan ter pdate.

Sehingga bisa menjadi rujukan bagi para pencari informasi terbaru. Seperti contohnya adalah buku ensiklopedia. Isi dari buku ensiklopedia cenderung tidak direvisi, apabila terdapat informasi baru maka akan diterbitkan buku yang baru untuk meng-update informasi yang ada.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *