Besi berbentuk persegi panjang atau kotak dan berongga, serta memiliki bentuk menyerupai pipa itulah besi hollow. Salah satu material konstruksi yang hari ini banyak dicari sebagai bahan penopang atap atau plafon. Bahkan tak hanya itu, besok ini juga dimanfaatkan untuk membuat kerangka kanopi, railing, teralis, dan pagar rumah. Berikut merupakan informasi lengkap tentang Hollow. 

Apa sih, Besi Hollow Itu? 

Sebagai salah satu material konstruksi, besi hollow memiliki nama asli hollow structural section atau biasa disingkat dengan HSS. Istilah hollow pada material konstruksi berbentuk kotak atau persegi panjang dan memiliki rongga ini berasal dari bahasa inggris yang artinya “rongga”. Nama tersebut mengacu pada pipa baja las dengan kekuatan tinggi yang digunakan sebagai elemen struktural sebuah bangunan. 

Bukan hanya memiliki sebutan hollow, karena bentuknya yang menyerupai penampang berbentuk segi empat yang besi ini juga mendapat julukan pipa besi, holo, pipa besi kotak, dan besi kotak. Adapun jenisnya, besi ini memiliki beragam jenis seperti hollow hitam, galvalum, dan galvanis. Berdasarkan jenisnya, masing-masing hollow digunakan untuk keperluan yang berbeda.

Dimensi Besi Hollow

Selain tersedia dalam berbagai jenis, material konstruksi yang satu ini juga disediakan dalam beragam ukuran dimensi. Biasanya untuk membuat pagar rumah berukuran standard, hollow yang digunakan memiliki ukuran dimensi 40 x 40 atau bisa juga 50 x 100 dengan tebal ukuran 1,6 mm. Sedang untuk jari-jarinya berukuran 20 x 40 dengan tebal 1,2 mm. 

Beberapa ukuran hollow yang tersedia di pasaran antara lain adalah:

  • 15 x 30 dengan tebal 0,60 mm dan panjang 6 meter,
  • 15 x 30 x dengan tebal 1,10 mm dan panjang 6 meter, 
  • 17 x 37 x dengan tebal 1,40 mm dan panjang 6 meter, dan masih banyak ukuran lainnya. 

Nah, setelah mengetahui apa itu besi hollow dan ragam ukuran dimensinya, apakah sekarang Anda paham dan berencana menggunakan hollow sebagai salah satu konstruksi rumah? Perihal informasi jenis hollow, harga, dan informasi yang lebih lengkap, nantikan ulasan selanjutnya di website ini.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *