solar panel

Panel tenaga surya adalah sebuah perangkat atau alat yang berfungsi untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Setidaknya terdapat tiga jenis panel tenaga surya untuk rumah yang tersedia di pasaran, yaitu jenis monocrystalline, polycrystalline, dan thin film. Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini. 

Panel Tenaga Surya Jenis Monocrystalline

Panel tenaga surya monocrystalline dibuat dengan cara menempatkan benih kristal silikon di dalam tong cair silikon murni bersuhu tinggi. Proses tersebut akan membentuk kristal silikon tunggal atau disebut juga dengan ingot. Ingot nantinya diiris menjadi lapisan silikon yang tipis dan siap digunakan dalam panel tenaga surya.

Panel surya yang satu ini memiliki tingkat efisiensi yang paling tinggi diantara jenis lainnya, yaitu berkisar antara 17% hingga 22%. Panel tenaga surya monocrystalline juga dibekali dengan kapasitas daya listrik yang besar. Jika dirata-ratakan, minimal daya listrik yang dihasilkan adalah 320 watt. Karena kelebihan yang dimilikinya tersebut, panel surya ini dinilai sangat ideal untuk penggunaan di rumah. 

Panel Tenaga Surya Jenis Polycrystalline

Jenis panel tenaga surya untuk rumah yang berikutnya adalah polycrystalline. Meski sama-sama terbuat dari sel silikon seperti pada monocrystalline, proses pendinginan panel surya jenis ini cukup berbeda sehingga menghasilkan lebih banyak kristal. Tingkat efisiensi panel surya polycrystalline sekitar 15% sampai 17% dengan output daya sebesar 240 watt hingga 300 watt. 

Panel Tenaga Surya Jenis Thin Film

Terakhir ada panel tenaga surya thin film yang biasanya dimanfaatkan untuk bangunan industri. Meski begitu, Anda tetap bisa mengaplikasikannya di rumah. Jenis panel tenaga surya ini memiliki peringkat efisiensi terendah yakni antara 10% sampai 13%. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir soal kinerjanya, karena panel surya thin film dipercaya lebih tahan panas dibandingkan jenis monocrystalline maupun polycrystalline. 

Itulah informasi tentang jenis-jenis panel tenaga surya untuk rumah yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, pilihlah panel tenaga surya dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Untuk mendapatkan perangkat yang berkualitas, pastikan Anda membelinya di distributor panel tenaga surya terpercaya dan berpengalaman.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *