Solar Panel

Bagaimanakah memilih paket solar panel untuk rumah? Memilih solar panel untuk kebutuhan rumah tangga Anda tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan termasuk material apakah yang digunakan untuk membuat penampangnya. Perbedaan material ternyata berpengaruh terhadap efektivitas kerjanya.

Nah, jika ini adalah kali pertama Anda hendak menggunakan paket solar panel untuk kebutuhan rumah tangga, berikut ini adalah jenis-jenisnya berdasarkan material yang digunakan.

Monokristalin

Secara umum, penampang panel surya terbuat dari silikon kristal yang dengan mudah menyerap cahaya matahari. Nah, yang dimaksud dengan monokristalin di sini adalah sebuah silikon kristal utuh yang dibuat sedemikian rupa hingga mampu menyerap dan mengolah energi matahari menjadi energi listrik.

Kelebihan dari panel surya monokristalin adalah tingkat efisiensi nya yang tinggi, yaitu sekitar 15 hingga 20%. Dengan tingkat efisiensi yang bagus, Anda bisa menghemat pengeluaran Anda setiap bulan meskipun harus menggunakan listrik dalam jumlah besar. Keefektifan penampang monokristalin dapat terlihat dari permukaannya yang berwarna hitam saat terkena sinar matahari.

Untuk kekurangannya, Anda mungkin harus mengeluarkan uang lebih banyak di awal. Ya, panel surya monokristalin memang harganya lebih mahal karena proses pembuatannya yang rumit. Menggunakan silikon kristal utuh sebagai bahan utama ternyata membutuhkan proses yang lebih lama untuk menghasilkan satu produk panel surya.

Polikristalin

Jika monokristalin panel surya terdiri dari 1 silikon kristal saja, maka polikristalin adalah keping-keping silikon dalam jumlah banyak yang dilebur menjadi satu. Selanjutnya, silikon-silikon tersebut digabungkan di dalam sebuat cetakan dan kemudian dipotong-potong menjadi panel-panel.

Dibandingkan panel surya monokristalin, proses pembuatan panel surya polikristalin memang cenderung lebih mudah dan cepat. Maka, tidak heran jika harganya juga lebih terjangkau. Jika panel surya monokristalin berwarna hitam saat terkena sinar matahari, panel polikristalin cenderung berwarna biru.

Dari segi kualitas, paket solar panel untuk rumah polikristalin masih di bawah monokristalin dengan tingkat efisiensi yang lebih kecil yaitu antara 13 hingga 16% saja. Jika Anda tidak terlalu mempermasalahkan besaran pengeluaran setiap bulan, maka panel surya polikristalin adalah pilihan yang tepat.

Kaca Film Tipis

Bahan pada paket solar panel untuk rumah yang terakhir untuk penampang panel surya adalah kaca film tipis. Yang dimaksud dengan kaca film tipis disini ada beberapa pilihan seperti Cadmium telluride, Copper indium gallium selenide, atau Silikon amorf. Ciri-ciri penggunaan kaca film tipis adalah permukaannya yang busa berwarna biru atau hitam saat terkena sinar matahari.

Tingkat efisiensi panel surya film tipis memang yang terkecil di antara ketiganya, yaitu hanya sekitar 8,5%. Hal ini karena sel-sel suryanya memang berukuran lebih kecil. Namun kelebihannya, harganya yang murah serta bobot lebih ringan.

Kaca film tipis memang lebih banyak digunakan untuk penampang panel surya portabel, bukan permanen. Panel surya jenis ini sangat mudah dibongkar pasang dan dipindahkan. Jadi, paket solar panel untuk rumah yang manakah yang akan Anda pilih?

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *