solar panel

Solar panel atap rumah merupakan suatu perangkat yang dipasang untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Perangkat ini merupakan salah satu alternatif sumber listrik yang banyak diminati belakangan ini. Tentu saja, selain dianggap lebih hemat penggunaan panel surya ramah lingkungan.

Problem Penggunaan Sumber Daya Listrik Konvensional

Populasi manusia yang semakin bertambah memberikan sejumlah dampak negatif yang tidak dapat dielakkan. Salah satunya adalah pemakaian listrik yang terus meningkat. Akibatnya dapat dengan mudah kita rasakan yaitu kenaikan tarif dasar listrik yang hampir terjadi setiap tahunnya.

Kenaikan tarif dasar listrik tidak hanya disebabkan oleh peningkatan konsumsi yang dilakukan oleh masyarakat. Sumber daya listrik konvensional dapat bekerja dengan menggunakan bahan bakar fosil yang jumlahnya juga semakin menipis. Untuk jangka pendek, penggunaan bahan bakar jenis ini memang masih memungkinkan. Namun jika kita berpikir jauh ke depan, tentunya kita harus memikirkan energi alternatif yang tidak cepat habis.

Sinar matahari sendiri merupakan salah satu sumber energi yang tidak bisa habis. Namun tentu saja, dibutuhkan sebuah alat yang mampu mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Nah, untuk itu, panel surya ramah lingkungan merupakan jawabannya. Untuk mendapatkan sinar matahari secara maksimal, panel surya ramah lingkungan sebaiknya dipasang di atap rumah.

Cara Kerja Panel Surya

Mungkin Anda penasaran, bagaimanakah panel surya dapat bekerja? Apakah alat yang dipasang di atap rumah tersebut dapat serta merta mengubah sinar matahari menjadi energi listrik? Nah, berikut ini penjelasannya.

Partikel sinar matahari disebut juga dengan foton yang memiliki ukuran sangat kecil. Sementara itu, permukaan panel surya dilapisi dengan atom semikonduktor sel surya. Atom ini berfungsi untuk memisahkan elektron dari atom secara keseluruhan. Elektron memiliki muatan negatif yang jika berpisah dari struktur atom lainnya akan bergerak bebas di permukaan semikonduktor tadi.

Ketika permukaan panel surya tadi menyerap cahaya matahari atau foton, maka elektron akan bereaksi terhadap foton tersebut. Sehingga, akan terjadi pergerakan di sisi positif dan negatif. Pergerakan tersebutlah yang kita namakan arus listrik. Energi yang diciptakan oleh arus listrik  tersebut dapat memberikan energi pada peralatan elektronik di rumah Anda.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *