ukuran atap longspan

Atap menjadi bagian penting dalam sebuah hunian sehingga perlu memilih desain dan ukuran atap longspan yang tepat. Tentunya, supaya dapat memberikan perlindungan bagi penghuni rumah dari berbagai cuaca. Nah, untuk menghemat biaya, Anda perlu melakukan perhitungan dengan hati-hati lewat cara berikut:

  1. Rangka

Rangka sangat penting dalam memasang bahan ukuran atap longspan. Rangka atap sendiri juga memiliki kemiringan tertentu dan dibuat dari bahan kayu serta baja ringan.

Ketika memilih rangka atap, pastikan Anda memperhatikan ukurannya lantaran berat dari rangka atap memiliki perbandingan yang lurus dari beban yang ditanggungnya. Sedangkan untuk menghitung biaya perbaikan atap longspan, Anda perlu menghitung keseluruhan bahan hingga biaya pekerja.

Jika Anda ingin menggunakan bahan atap dari kayu, kemungkinan akan menghabiskan dana Rp3.500.000 untuk kuda-kuda, Rp2.500.000 untuk reng dan kaso. Sedangkan harga baja ringan setiap meternya sekitar Rp115.000 – Rp165.000. Maka bila rumah Anda berukuran 4×8 akan memerlukan biaya sekitar Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000.

  1. Jenis Atap yang akan Digunakan

Ada berbagai jenis atap yang bisa digunakan, namun untuk hunian biasanya menggunakan jenis longspan roof asbes dan genteng.

Jika menggunakan genteng Anda bisa memilih genteng tanah liat dengan harga per biji Rp2.500 atau genteng beton Rp7.000. Sementara jika lebih ingin menggunakan atap longspan asbes, harga per lembarnya berukuran 180×105 cm dan ketebalan 4 mm harganya sekitar Rp53.000.

  1. Pelapis Anti Kebocoran

Pelapis anti bocor ini digunakan sebagai pelapis atap rumah agar lebih tahan terhadap segala cuaca. Untuk harga 1 tong cat yang biasanya sekitar Rp193.000 – Rp245.000 per 4 kg.

  1. Biaya Pekerja

Tentunya ketika memasang atap rumah Anda akan membutuhkan pekerja yang waktu pemasangannya sekitar satu minggu dan harganya bisa mencapai Rp1.600.000.

Sebaiknya gunakan baja ringan lantaran jauh lebih murah dan pengerjaannya jauh lebih cepat. Tentunya membuat biaya pengeluaran untuk pemasangan atap longspan jadi hemat.

Demikian cara menghitung biaya perbaikan ukuran atap longspan yang bisa Anda gunakan agar pengeluaran lebih hemat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *