rumah dengan genteng metal pasir

Bingung dengan istilah genteng metal pasir? Apa mungkin genteng tersebut terbuat dari pasir? Lalu, bagaimana dengan ketahanan dan kekuatan genteng ini? 

Tenang, Anda akan mendapat jawabannya di artikel ini. Selain tidak bingung lagi, Anda pun bisa menggunakan produk genteng ini sesuai kebutuhan.

Apa Itu Genteng Pasir

Walaupun namanya genteng ini diikuti dengan kata pasir, tapi bukan berarti genteng ini menggunakan pasir sebagai bahan dasar. 

Genteng ini adalah produk berbahan dasar baja galvalum. Selain itu, ada pula bahan zinc dan alumunium sebagai pelapis. Untuk bahan alaminya, pembuat genteng ini biasanya menambahkan batu-batuan alam.  

Perbedaan Genteng Pasir dan Genteng Pada Umumnya

Lalu, apa perbedaan genteng metal pasir dan genteng pada umumnya? Salah satu perbedaannya adalah kemampuannya meredam suara dan panas. Jadi, genteng ini justru lebih bisa meredam panas dan suara dibandingkan genteng jenis lain. 

Itu artinya, area dalam rumah tetap tenang dan sejuk walaupun di luar hujan ataupun ada kendaraan yang hilir mudik. Suhu di dalam rumah juga tetap dingin dan sejuk walaupun matahari di luar sangat terik. 

Genteng jenis ini juga kuat dan tidak mudah rapuh karena pergantian cuaca. Dengan adanya lapisan zinc dan alumunium, genteng ini juga lebih tahan terhadap serangan rayap dan lapuk. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Genteng Pasir 

Walaupun kuat terhadap cuaca luar yang tidak menentu, genten ini tidak tahan tekanan. Pasalnya, ketebalan produk ini hanya sekitar 0.20 sampai 0.40 mm saja. Jadi, saat genteng jenis lain kuat menahan batang kayu besar yang roboh, maka kemungkinan besar genting ini akan retak atau bahkan pecah. 

Perawatan genteng jenis ini memang tergolong mudah, tapi warna aslinya akan cepat pudar. Karena itu, salah satu perawatan wajib jika menggunakan genteng ini adalah mengecat setiap permukaannya sesuai dengan warna aslinya.  

Sekarang, Anda pun tahu produk seperti apa sebenarnya genteng pasir itu. Saat melihat produknya langsung, Anda juga akan mengetahui perbedaan dari produk ini dengan genteng jenis lainnya. Jika sudah paham, Anda bisa mulai mencoba menggunakan genteng metal pasir untuk proyek konstruksi Anda. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *